PEMERINTAH KABUPATEN SUPIORI

Selasa, 21 Desember 2010

Gambaran umum Kepulauan Mapia

Gugus kepulauan yang terletak di Propinsi paling timur Indonesia Papua tepatnya Kabupaten Supiori terdiri dari beberapa pulau yang masuk dalam kategori Pulau-pulau kecil terluar yaitu pulau Bras, pulau Bras Kecil, Pulau Fanildo, Pulau Fanildo Kecil dan Pulau Mapia (Pegun) yang merupakan gugusan dari kepulauan Mapia. Bagian barat gugusan pulau mapia berbatasan dengan negara palau sementara bagian utara berbatasan dengan Kepulauan Guam Amerika. Kepulauan Mapia terdiri dari Pulau Mapia atau Pegun (332 Ha), Pulau Bras atau Berasi (309 Ha), Pulau Bras kecil (6 Ha), Pulau Fanildo atau Faniroto (50 Ha) dan Fanildo kecil (4 Ha).
Kelima pulau ini merupakan satu kesatuan yang terhubungkan oleh hamparan pantai pasir putih yang dilingkari karang seluas 37.760 Ha dengan laguna di tengahnya seluas 3.000 Ha. Kedalaman lagoon berkisar antara 5 – 22 meter dengan kanal atau alur yang berada di sisi barat, dimana kanal tersebut merupakan akses masuk dan keluar lagoon. Pulau Mapia secara administratif termasuk kedalam Kecamatan Supiori Utara. Dilihat dari letaknya Gugus Pulau Mapia di tengah Samudra Pasifik ini sangat strategis dan potensial karena memiliki potensi sumber daya laut yang besar, yaitu wisata bahari, perikanan, dan perkebunan kelapa.
Secara garis besar gambaran umum dari masing-masing pulau adalah sebagai berikut:
a.Pulau Bras
Pulau Bras merupakan salah satu dari Gugus Pulau Mapia. Pulau ini berpenduduk, dengan mata pencahariaan utama pembuat kopra. Pulau Bras merupakan pusat pemerintahan desa Pulau-pulau Mapia. Pulau Bras dikelilingi oleh pantai berpasir yang landai selebar 30 - 40 m. Bila air surut penduduk di Pulau Bras dapat berjalan kaki ke Pulau Pegun (Mapia) dan Pulau Fanildo. Pulau Bras di kelilingi oleh terumbu karang yang cukup luas. Pulau Bras secara astrononis berada pada posisi 00 55 57 N dan 134 20 30 E.
b. Pulau fanildo
Salah satu pulau kecil terluar yang berbatasan dengan Republik Palau adalah Pulau Fanildo yang merupakan gugusan dari Kepulauan Mapia. Jarak antara Pulau Fanildo dengan Pulau Babelthuap adalah sejauh 390 mil. Pulau Babelthuap adalah salah satu pulau milik Negara Palau. Posisi pulau Fanildo ini menjadi salah satu pulau yang sangat strategis bagi NKRI. Pulau Fanildo berada pada posisi 00 56 22 N dan 134 18 14 E (Gambar 4.3).
Pulau Pegun (Mapia)
Pulau Mapia juga disebut Pulau Panjang karena bentuknya yang panjang. Penduduk di Pulau ini bermata pencaharian utama sebagai pembuat Kopra. Sumber air tawar adalah sumur gali dengan kedalaman 1 meter dan diameter sumur 1 m. Pantai berpasir putih dikelilingi pulau dan landai kecuali bagian barat yang agak dalam sebagai tempat berlabuh kapal perintis dan navigasi. Tidak ada sarana berlabuh seperti pelabuhan. Bila air surut, pasir putih terlihat memanjang sampai ke Pulau Bras.
Aksesibilitas
Gugus Pulau Mapia dapat dicapai dari Jakarta dengan menggunakan Pesawat Udara dan kapal laut, dengan Rute Jakarta – Biak – Fanildo/Mapia/Bras Kepulauan Mapia dapat diakses dengan menggunakan perahu motor (spead boat) dari Kabupaten Biak Numfor. Jarak Kep. Mapia dengan Kota Biak adalah 150 mil dan dapat dicapai dengan kapal motor. Lamanya waktu perjalanan dari Kota Biak dengan menggunakan perahu motor carteran berkekuatan 320 PK menuju Pulau Fanildo kurang lebih sekitar
6 jam. Pulau Fanildo/Bras sebagai satu kesatuan dari Kepulauan Mapia secara regulardilayani oleh 2 kapal perintis yang senantiasa berlayar menuju Gugus Pulau Mapia dengan jadwal sebulan sekali dengan waktu tempuh kurang lebih 25 jam dari Biak. Sarana telekomunikasi lainnya seperti Radio, Televisi hanya dimiliiki oleh Angkatan Laut yang bermukim di kawasan Gugus Pulau Mapia

1 komentar:

  1. (SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

    BalasHapus